14.27 | Posted in
San Francisco - Dua perempuan pendaki yang terjebak di Garin Regional Park di Hayward, akhirnya bisa diselamatkan. Mereka terlacak oleh helikopter California Highway Patrol (CHP) berkat koordinat Global Positioning System (GPS) yang terpancar dari ponsel mereka.

Pendaki tersebut tersesat dan terjebak di area pendakian yang cukup sulit. Ketika hari sudah gelap, mereka menghubungi CHP. Selain berkat koordinat GPS, para pendaki juga menyalakan lampu senter yang ada pada ponsel mereka sehingga terlihat helikopter dari balik bukit.

"Kami selalu mengingatkan pada orang-orang untuk selalu membawa ponsel mereka," kata Lt. Dave Dubowy, Komandan Patroli East Bay Regional Park District. "Teknologi sangatlah mengagumkan. GPS membuat pekerjaan kami sangat mudah untuk menemukan dan menyelamatkan orang," tambahnya.

Namun, menurut Dubowy perlengkapan lainnya seperti air mineral, baju tebal, dan peta juga penting untuk dibawa. Yang menjadi kekhawatiran dalam pendakian adalah dehidrasi dan bila musim panas ada kemungkinan terjadi kebakaran di area pendakian.

"Sebaiknya Anda tetap berada di posisi yang sama setelah menghubungi polisi. Itu lebih baik daripada Anda harus merangkak dalam kegelapan," tutup Dubowy seperti dilansir SFgate dan dikutip detikINET, Selasa (27/4/2010).
Category:
��

Comments

0 responses to "Ponsel Ber-GPS, Perangkat Wajib Pendaki Gunung"